Pendistribusian Zakat, Infaq dan Sodaqoh oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Purworejo

DINKOMINFO

2018-04-10


Purworejo – Pendistribuan atau tasharruf zakat, infaq dan sodaqoh telah dilaksanakan oleh Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Purworejo di aula Kantor Dinas Kominfo, Rabu (4/4/2018). Uang tunai senilai Rp 4.750.000,00 telah didistribusikan kepada delapan orang ASNAF dari wilayah Purworejo dan sekitarnya antara lain Kulonprogo, Sleman dan Magelang. Penyerahan zakat tersebut diwakilkan oleh sekretaris Dinas Kominfo, Suparno.

Menurut Wahid Zainal, sistem pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh periode kali ini sudah dimulai sejak Agustus 2017 hingga Maret 2017. Dan pendistribusian dilakukan pada bulan April. Adapun kriteria penerima zakat yaitu berdasarkan rekomendasi pihak instansi yang  sesuai dengan syarat ASNAF atau golongan yang layak menerima zakat.

Pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh yaitu dari penghasilan pegawai instansi dan dikelola oleh BAZNAS dan UPZ untuk didistribusikan kepada yang berhak menerima dalam jangka waktu tertentu dan setelahnya akan dilaksanakan pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh untuk enam bulan ke depan. Adapun daftar penerima zakat, infaq dan sodaqoh UPZ Dinas Kominfo antara lain Koko Hargantoro dari Kulonprogo, Waluyo dari Sleman, Suwondo, Ngadlan, Victori Adi Pujiono, Saifurohman dan Ahmad Anharil dari Purworejo, serta Ngadiman dari Salaman, Magelang. Wahid Zainal beharap, bantuan tersebut dapat diterima dan dimanfaatkan oleh penerimanya dengan baik.