Peresmian Rumah Sahabat Edukasi Batik Tulis di Desa Jenar Kidul Purwodadi

Kec. Purwodadi

2019-09-27


Rabu, 25 September 2019. Bertempat di Balai Desa Jenar Kidul Kecamatan Purwodadi berlangsung kegiatan "Peresmian Rumah Sahabat Edukasi" Batik Tulis "Asta Kinanthi".

Batik tulis "Asta Kinanthi" merupakan kelompok pengrajin di Desa Jenar Kidul yang berdiri sejak 1 Januari 2018 dan beranggotan 10 orang. Acara peresmian Rumah Sahabat Edukasi (MAS EDU) Batik Tulis "Asta Kinanthi" di Desa Jenar Kidul ini dihadiri oleh Wakil Bupati Purworejo Hj. Yuli Hastuti, SH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto, S.H., M.M, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi S.Sos beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Purworejo. Turut hadir Camat Purwodadi Drs. Hery Raharjo, M.Si beserta jajaran Forkompincam Purwodadi, Kepala Desa Jenar Kidul Bapak Joko Kartono beserta perangkat desa dan masyarakat Desa Jenar Kidul.

Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala Desa Jenar Kidul, Camat Purwodadi dan Wakil Bupati Purworejo. Diikuti oleh pemotongan pita peresmian Rumah Sahabat Edukasi Batik Tulis "Asta Kinanthi" dan peninjauan ke pengrajin batik tulis "Asta Kinanthi" di Desa Jenar Kidul.

Rumah Sahabat Edukasi (MAS EDU) merupakan salah satu solusi program pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada pengembangan potensi lokal. Melalui Rumah Sahabat Edukasi, diharapkan potensi lokal dapat lebih dikembangkan, sehingga dapat meningkatkan partisipasi, kesejahteraan dan sekaligus dapat menambah wawasan pengetahuan bagi masyarakat.

Wakil Bupati Purworejo Hj.Yuli Hastuti, SH mengaku bangga dengan berbagai inovasi dan terobosan-terobosan baru yang merupakan inisiatif kecamatan maupun desa. Terutama dalam melibatkan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan sumberdaya manusia dan peningkatan perekonomian masyarakat. Seperti yang dilakukan Kecamatan Purwodadi yang bekerjasama dengan Desa Jenar Kidul dengan gagasannya mendirikan Rumah sahabat edukasi dalam membatik. Diharapkan inovasi ini juga akan menginspirasi kecamatan dan desa yang lain, dalam mengembangkan kemajuan wilayahnya untuk kesejahteraan masyarakat. Keberadaan rumah sahabat edukasi, menjadi salah satu alternatif sebagai tempat belajar dan berlatih dalam membatik yang dapat diikuti anak-anak sekolah diluar jam pelajaran, juga bisa diikuti masyarakat. “Diharapkan Rumah edukasi ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal yang nantinya akan melahirkan para pembatik  yang menghasilkan peningkatan perekonomian masyarakat" Demikian harapan Ibu Wakil Bupati Purworejo.

Camat Hery Raharjo menjelaskan, Rumah Edukasi Batik Tulis dikelola Tim Penggerak PKK ini memiliki strategi dalam pengelolaan, produksi dan pemasarannya secara kreatif dan edukatif. Selain itu juga akan disiapkan paket wisata Edukasi Batik Tulis dimana pengunjung dapat melihat langsung tempat produksi, mengenal jenis-jenis batik, dan praktik membatik.

Sementara itu Kades Joko Kartono mengatakan akan memaksimalkan keberadaan rumah sahabat edukasi batik tulis yang bertujuan untuk melestarikan batik dan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.